Thursday, May 7, 2009

I just had my lunch...ehmmm, menu hari ini adalah nasi beras merah plus pecel. Wheww gw bener2 kecanduan ma makanan yang berbumbu kacang spt pecel, gado-gado, batagor, sate, etc.
Gw suka banget makan kacang tapi gak berani terlalu sering karna ada sejarah asam urat.

Walaupun berdasarkan panduan buku Diet Sehat berdasarkan Golongan Darah, orang yang bergolongan darah O gak boleh makan kacang tanah. Tapi apa boleh buat, sampe sekarang gw gak berhasil sepenuhnya menjauhi makanan yang berbumbu kacang tanah. Yang penting gak sering-sering aja ;)

Well, dari salah satu artikel di Kompas, dibilang bahwa kacang-kacangan mengandung vitamin, serat, protein dan berbagai mineral lain yang mempunyai fungsi untuk menurunkan kolestrol, menstabilkan tekanan darah, dan mencegah kanker.
Nah antara lain kacang tanah, dikatakan kalo kacang tanah ini mengandung zat super phytochemical yang rata-rata 4 kali lipat dari cemilan lainnya. Dan yang dimaksud phytochemical adalah sekumpulan bioaktif alami yang bersama serat serta unsur nutrisi lainnya yang dapat menangkal penyakit. Ampuh mencegah proses penuaan dini, menurunkan resiko serangan jantung, stroke, darah tinggi, katarak, osteoporosis, infeksi saluran urin bahkan bahaya kanker.

See...kayaknya akan menyehatkan kalo kita konsumsi kacang-kacangan, dan harus dalam batas yang normal ato jarang bagi yang ada gangguan kesehatan.

1 comment:

  1. emang lu dasarnya suka kacang mangkannya bagus2in kacang...Bener ga?? Hohoho (o^^o)

    ReplyDelete